Tuesday 28 August 2012

Merencanakan Liburan Dengan Kapal Pesiar

Mau jalan-jalan ke luar negeri gratis? cuma modal paspor! Gabung disini

Cruises merupakan pilihan menarik untuk liburan keluarga karena tidak perlu repot mengepak dan membongkar koper berkali-kali. Pada dasarnya anda memesan kamar hotel sekaligus paket perjalanan, boleh dikatakan kapal pesiar adalah hotel berjalan. Adalah pilihan yang sempurna bagi anda dan keluarga karena tidak perlu terkurung didalam kamar hotel selama liburan. Karena aktifitas dan fasilitas di kapal sangat beragam terlalu menarik untuk dilewatkan. Bahkan boleh dibilang anda hanya merasa perlu ke kamar saat benar-benar mengantuk!



Banyak jalur pelayaran yang memiliki layanan penitipan bayi dan berbagai fasilitas kegiatan yang difokuskan untuk anak-anak, memungkinkan bagi ibu dan ayah dapat  bersantai seperti halnya anak-anak lakukan. Berbagai aktifitas menarik dan fasilitas yang ditawarkan selama perjalanan membuat liburan anda benar-benar istimewa.

Sebelum memutuskan jalur pelayaran, company yang akan dipilih serta persiapan apa saja yang diperlukan, sebaiknya memperhatikan beberapa langkah berikut ini :

Langkah 1
Pikirkan tentang tujuan terbaik untuk pelayaran Anda. Meskipun Anda mungkin tertarik untuk mengeksplorasi reruntuhan Tuscano kuno, Pompeii atau gereja abad ke-17, anak-anak Anda mungkin lebih tertarik untuk bersenang-senang di sebuah taman air setempat. Seperti pantai Karibia baik untuk keluarga dengan anak-anak kecil atau remaja: mereka dapat bermain di pasir atau mencoba kegiatan seperti parasailing tanpa merasa seperti mereka sedang diseret  ke tempat-tempat yang tidak ingin mereka datangi.

Langkah 2
Tentukan waktu terbaik dan lama pelayaran. Disesuaikan dengan masa cuti anda dan liburan sekolah anak-anak. Selain itu perlu diperhitungkan perjalanan dari tempat tinggal menuju titik embarkasi.

Langkah 3
Periksa jalur pelayaran yang berbeda dan perhatikan  rincian spesifik dari kapal mereka. Sebagian besar jalur pelayaran menawarkan fasilitas penitipan anak di pagi hari dan diawal sore hari. Banyak jalur pelayaran yang menerapkan anak-anak sudah terlatih ke toilet sendiri, sebelum mereka dapat berpartisipasi dalam kegiatan onboard (kecuali Carnival Cruises). Jika Anda menginginkan anak-anak mengikuti program kelas di dalam kapal, mereka telah menyiapkan kelas-kelas yang sesuai dengan umur anak-anak. Mereka  menyediakan program kegiatan yang menarik seperti berburu harta karun, menari, menyanyi, musik, teater dan berbagai aktivitas kreatif lainnya disesuaikan umur. Biasanya terbagi dalam beberapa golongan umur tergantung banyaknya anak. Kelas anak umur 3-6 tahun, kelas anak umur 7-12 tahun. Jadwal yang biasa berlaku adalah pukul 09.00-12-00am, waktu makan siang orang tua harus menjemput anak-anak, 03.00-06.00pm, dan 09.00-11.30pm, tetapi anak bisa dijemput jam berapa saja sesuai keinginan orang tua. Fasilitas lainnya bagi anda yang mempunyai anak usia remaja adalah Teenager Club yang selalu mempunya program menarik serta berbagai fasilitas pendukung, night club, lounge, game, ruang musik, permainan komputer yang membuat mereka selalu sibuk dengan keriaan. Selain fasiltas umum yang mereka sediakan seperti kolam renang, play ground, jacuzi, outdoor activity, casino, restaurant, pusat kebugaran, boutique, beauty center dll.

Langkah 4
Periksa beberapa kabin pilihan anda. Jika memiliki anak, tentu saja pilihan pada kabin yang lebih luas dibanding untuk pasangan atau individu, yang memungkinkan anda untuk menyesuaikan pengaturan tidur sesuai dengan kebutuhan. Harus diinformasikan saat anda melakukan pemesanan kabin. Jika Anda mendapatkan kabin ganda, pastikan mereka berada di samping satu sama lain atau di seberang lorong dan lihat apakah anda bisa mendapatkan kabin dengan pintu sebelah atau staterooms besar. (Khususnya NCL, menawarkan suite dan diskon untuk keluarga besar.)

Langkah 5
Memeriksa keamanan dan kondisi kapal untuk naik untuk memastikan itu aman dapat anda lakukan online, setiap cruise company mempunyai spesifikasi masing-masing kapal yang beroperasi dan berkonsultasi dengan pengelola website sebelum melakukan pembayaran.



Langkah 6
Persiapkan barang bawaan anda dengan hati-hati. Biasanya kapal pesiar menyelenggarakan setidaknya satu malam formal, jadi perlu dipersiapkan gaun dan setelan jas atau cocktail dress dan kelengkapannya. Perhatikan dress code selama pelayaran ini, biasanya tiap hari mereka mempunyai dress code yang berbeda-beda. Contohnya ada Black N White Night, Tropical Night, Oriental Night, Gala Night dll. Tentu saja anda tidak ingin melewatkan momen tersebut karena tidak membawa pakaian yang sesuai dengan dress code. Tapi jangan khawatir butik-butik di dalam kapal selalu menjual pakaian-pakaian sesuai tema yang berbeda tiap malam. Bawalah lebih dari satu baju berenang dan pakaian olah raga, tabir surya dan topi. Sinar matahari sangat tajam saat dilaut walaupun di iklim hangat. Jangan lupa sweater atau baju hangat untuk malam hari selama anda mengikuti aktivitas atau sekedar jalan-jalan di dek, walaupun perjalanan anda lakukan disaat liburan musim panas.

Beberapa website yang dapat anda akses dan terpercaya untuk berlibur dengan kapal pesiar. Anda bisa bandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-masing website. Happy Cruising!


Kerja dapat bonus uang, mobil, jalan-jalan ke luar negri, naik kapal pesiar dll cuma ada disini, tunggu apa lagi, gabung yuuukk!

2 comments:

  1. sangat bermanfaat artikelnya, tampilan blognya juga bikin betah lama-lama disini.
    ditunggu artikel menarik yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih udh berkunjung... br blajar. udh vakum lama lg... lg sibuk pindahan soalnya.

      Delete