Tuesday 12 March 2013

Mengenal Raja-Raja Dalam Kartu Remi

Kartu remi masih cukup populer di tengah maraknya jenis permainan yang bermunculan. Sebenarnya nama remi ini sendiri adalah nama salah satu permainan kartu itu sendiri. Selain remi, banyak permainan yang dapat dimainkan oleh kartu seukuran tangan tangan tersebut, misalnya yang populer di Indonesia adalah "41", cangkulan dan poker. Di negara lain ada canasta, blackjack, casino, solitaire, bridge dan sebagainya.

Dalam kartu remi terdapat 4 simbol yang berbeda satu sama lain, yaitu sekop, keriting, hati dan wajik. Setiap simbol ini memiliki simbol raja. Meski populer, namun kebanyakan orang tidak tahu siapakah raja-raja yang terdapat dalam kartu remi tersebut. Setiap raja yang terdapat dalam kartu remi melambangkan sosok tertentu, jadi bukan gambar sembarangan yang tidak ada artinya.



Sekop = David/Raja Daud
Raja Daud adalah Raja Israel. Pada masa pemerintahan Saul, Daud berperang melawang pasukan Filistin  dan dalam peperangan itu Daud berhasil membunuh Goliat. Daud menggantikan Saul sebagai Raja Israel. Daud memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh manusia lain. Selain cerdas, bijaksana Daud pandai bermain musik dan memiliki sura paling merdu dari seluruh umat manusia.

Keriting = Alexander The great/Iskandar Agung
Alexander adalah seorang penakluk asal Macedonia, sebuah negara di daerah timur laut Yunani. Kehebatannya dalam menaklukkan berbagai daerah membuatnya diakui sebagai salah seorang pemimpin militer paling jenius sepanjang jaman. Pada usia tiga puluh tahun, dia memimpin sebuah kekaisaran terbesar pada masa sejarah kuno, membentang dari laut Lonia sampai pegunungan Himalaya. Alexander adalah seorang murid dari seorang filsuf terkenal Aristoteles. Pemerintahannya cukup singkat, hanya 13 tahun namun Alexander bisa menjadi inspirasi bagi penakluk-penakluk lain seperti, Hannibal, Pompey dan Caesar dari Romawi dan Napoleon.

Hati = Charlemagne (Raja Perancis)
Charlemagne atau yang lebih dikenal Karel Agung adalah kaisar pertama di barat sejak runtuhnya kekaisaran Romawi. Karel Agung disebut sebagai pahlawan penyelamat Eropa karena mengakhiri bangsa Barbar di Eropa dengan menjadi pemerintahan pertama yang diakui Paus dan dibaptis menjadi kristen. Sejak kekaisaran Romawi jatuh, bangsa Eropa tidak memiliki kekaisaran kristen dan jatuh ke tangan bangsa Barbar dari eropa utara. Kemudian muncul pemerintahan Karel Agung yang diperoleh melalui penaklukan dan pertahanan, yang membawa persatuan sehingga peperangan menjadi jarang. Karena hal tersebut Kareng Agung disebut sebagai bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan sering disebut bapak pendiri Eropa.

Wajik = Julius Ceasar
Siapa yang tidak kenal Julius Ceasar, penakluk, pemimpin militer dan politikus Romawi yang sangat dikenang dunia.Namun banyak yang tidak tahu bahwa raja wajik dalam kartu remi melambangkan Julius Ceasar. Ceasar memperluas Romawi hingga Oceanus Atlantous, melancarkan serangan Romawi pertama ke Britania dan memperkenalkan pertama kali Romawi kepada Perancis.
Julius Ceasar sangat tangguh dan menguasai Romawi berkat kemenangannya dalam perang saudara. Semasa pemerintahannya, Julius mereformasi besar-besaran masyarakat Romawin dan menjadi diktaktor seumur hidup. Sikapnya yang sangat keras menbuatnya sangat dikagumi sekaligus dibenci, Julius meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM karena ditusk oleh senator Romawi. 

No comments:

Post a Comment