Tuesday 28 August 2012

Manfaat Minyak Zaitun



Minyak zaitun merupakan sumber terbaik asam oleat, omega-9 asam lemak dengan melalui proses pencernaan yang diubah menjadi oleoylethanolamide (OEA), sebuah hormon yang membuat sel-sel otak yang sehat. Minyak zaitun memiliki daftar yang sangat panjang kegunaannya bagi tubuh kita. Minyak zaitun dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami untuk menjaga kecantikan.


Minyak zaitun mengandung zat yang baik untuk tubuh manusia. Memiliki kolesterol, lemak yang sangat rendah, dan serat vitamin yang sangat baik untuk kulit. Juga mengandung antioksidan yang mampu melawan penyakit jantung, meningkatnya kolesterol dalam darah, diabetes dan obesitas. Selain itu, minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker. Berikut ini beberapa manfaat dari minyak zaitun bagi tubuh manusia:

1. Untuk Kecantikan
Artis dunia Sophia Loren memberikan rahasia kecantikannya dengan minyak zaitun. Dia menggunakan minyak zaitun sebagai:
a. Masker wajah
Minyak zaitun baik untuk kulit wajah. Caranya adalah usapkan pada wajah dan hindari daerah mata. Setelah satu menit, bilas dengan air hangat. Minyak zaitun bisa menjadi masker anti-penuaan dini.
b. Perawatan Rambut
Minyak zaitun juga baik untuk rambut. Minyak zaitun baik untuk melembabkan rambut kering dan itu sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki rambut tebal dan rambut kaku.

2. Mengurangi Kolesterol Berbahaya
Berbagai riset membuktikan fakta bahwa minyak zaitun dapat menurunkan total kolesterol dan kadar kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kolesterol baik.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Minyak zaitun juga dapat meningkatkan memori seseorang. Juga sangat berguna bagi sistem pencernaan tubuh manusia. Jika tubuh bisa mencerna makanan dengan baik dan menghasilkan kulit yang baik serta menjaga saraf kita, sehingga juga dapat meningkatkan daya ingat kita. Caranya adalah dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam tumis sayuraan atau salad, atau campurkan minyak zaitun, cuka balsamic, dan air dalam volume yang sama dan kemudian tambahkan sedikit air jeruk dan gunakan sebagai saus untuk sayuran seperti lobak atau mentimun. Anda juga dapat mencampur minyak zaitun dengan bawang putih dan sejumput garam sebagai olesan roti pengganti butter atau mentega.

4. Mengurangi Resiko Kanker
Nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker. Para peneliti menyatakan bahwa penyebab dari penurunan tingkat kematian akibat serangan kanker di wilayah Mediterian dikarenakan oleh makanan yang mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak, di samping mengandung sayur, buah-buahan, dan kubis.

 

No comments:

Post a Comment