Monday 17 September 2012

Negara-Negara Terkecil Di Dunia

Kerja dari rumah dengan Penghasilan 4juta, 7juta, 10juta bahkan 42juta! Anda yang menentukan!

Apakah anda pernah berpikir, bahwa di dunia yang luas ini ada negara-negara yang luas wilayahnya hanya sebesar salah satu dari pulau di kepulauan seribu? Atau mungkin anda pernah atau ingin mengunjungi salah satunya?

Di bawah ini adalah daftar dari tujuh belas negara terkecil yang independen di dunia, dimulai dari yang terkecil sampai terbesar. Masing-masing mempunyai luas kurang dari 200 mil persegi. Bahkan Singapore masih terlalu besar untuk daftar ini.


Vatican City
Mempunyai luas 0,44 Km persegi, merupakan negara terkecil di dunia, Vatikan memiliki populasi 832 (per Juli 2011), tidak ada satupun yang merupakan penduduk tetap. Negara kecil yang mengelilingi Basilika Santo Petrus adalah pusat spiritual bagi umat Katolik di dunia. Juga dikenal sebagai Tahta Suci, Kota Vatikan dikelilingi oleh Roma, Italia.

Monaco
Dengan 1,95 Km persegi, merupakan negara terkecil kedua. Monako terletak di sepanjang Riviera Perancis, di pantai Mediterania Perancis dekat Nice. Dengan jumlah penduduk 32.409 (per 2005), mempunyai Casino yang sangat terkenal Monte Carlo. Negara ini sudah terbentuk sejak abad 13.

Nauru
Negara ini berada dalam sebuah pulau kecil di lautan Pasifik dengan seluas 21 Km persegi. 13.248 (per 2007) Negara ini merdeka pada tahun 1968 dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant.

Tuvalu
Memiliki luas sebesar 26 Km persegi, Tuvalu terdiri dari 9 atol karang di sepanjang 360 mil gugusan Polynesia, tepatnya antara kepulauan Hawaii dan Australia. Mereka memperoleh kemerdekaan pada tahun 1978. Dulu namanya adalah  Kepulauan Ellice memiliki jumlah penduduk 11.500 (per 2006).

San Marino
Negara kecil yang indah ini mempunyai luas area 61 km persegi , terletak di Mt. Titano di utara Italia tengah, San Marino memiliki 29.000 penduduk. Negara ini mengklaim sebagai negara tertua di Eropa, yang telah didirikan sejak abad keempat.

Liechtenstein
Negara berbahasa Jerman ini memiliki luas sebesar 160,4 km persegi, dengan jumlah penduduk sebanyak 34.521 jiwa, terletak di sepanjang Sungai Rhine antara Swiss dan Austria di Pegunungan Alpen.

Kepulauan Marshall
Ini adalah salah satu negara lagi yang terletak di samudra Pasifik, dengan luas sebesar 181.3 km persegi. Memiliki atol termasuk terbesar di dunia, Kwajaleij, terumbu karang, dan 34 pulau (populasi 58.000) memperoleh kemerdekaan pada tahun 1986, mereka dulunya bagian dari Trust Territory of Kepulauan Pasifik dan dikelola oleh Amerika Serikat.

Saint Kitts dan Nevis
Dengan luas wilayah sebesar 261 km persegi, terletak  di Karibia dengan jumlah penduduk 39.000 jiwa memperoleh kemerdekaan pada tahun 1983.

Seychelles
Republik Sechelles adalah sebuah negara kepulauan di samudera Hindia. Sekitar 1600 km sebelah timur daratan Afrika dan sebelah timur laut Madagaskar. Negara dengan luas 466 km persegi dan jumlah penduduk 81.755 ini telah independen dari Inggris sejak tahun 1976.

Maldivas
Maldivas merupakan negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia. Negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia terdiri dari sekitar 26 atol. Terletak di sebelah barat daya India, 700 km sebelah barat Sri langka. inggi permukaan tanah di Maldivas adalah 1,5 meter di atas permukaan laut, menjadikannya negara dengan permukaan terendah di seluruh dunia. Puncak tertinggi di Maldivas hanya 2,3 meter diatas permukaan laut.

Malta
Republik Malta adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Terdiri dari lima pulau dan hanya tiga yang perpenhuni, terletak di tengah-tengah Laut Mediterian dengan luas 316 Km persegi, mempunyai penduduk 404.039 jiwa. Karena letaknya yang sangat strategis menyebabkan Malta dijajah oleh berbagai penguasa selama berabad-abad. Merdeka dari Inggris pada tahun 1964. Terkenal sebagai tujuan wisata bagi orang-orang Eropa. Pulau ini terletak di selatan Sisilia Itali. Kebanyakan dari penduduk Malta adalah keturunan Itali 75% dan 19% Libya.

Grenada

Sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia. 161km di sebelah utara Venezuela. Merupakan negara terkecil kedua di belahan bumi barat. Dengan luas 344 km persegi dan berpendudk 104.000 jiwa. Seperti negara-negara di kepulauan Karibia, pariwisata adalah andalan perekonomian disana, diikuti oleh pertanian. Dimana di bidang pertanian Grenada merupakan negara pengahsil terbesar kedua di dunia setelah Kepulauan Banda, Maluku. Selain itu merupakan penghasil cacao, pisang, ubi rambat dan buah jeruk terbesar di kawasan Karibia.

Saint Vincent dan Grenadines
Negara dengan luas wilayah setengah dari pulau Ambon, 389 Km persegi dengan jumlah penduduk 118.434 jiwa. Wilayah ini diketemukan oleh Christopher Columbus pada tahun 1498. Wilayah ini pernah diperebutkan dan Britania Raya berhasil menguasai negeri ini hingga kemerdekaannya pada tahun 1979. Berdekatan dengan Saint Lucia serta Barbados.

Barbados

Sebuah negara kepulauan yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Barbados terletak di bagian timur dari gugusan kepulauan Antilles Kecil. Sangat terkenal dengan industri pariwisatanya dan dikenal sebagai "Little England" di kepulauan Karibia. Dikarenakan pengarus Inggris yang sangat kuat. Terletak 2585 Km sebelah tenggara Miami, Amerika Serikat dan 860 Km dari Caracas, Venezuela, mempunya luas area 431 Km persegi dan berpenduduk 280.000 jiwa. Memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1966.

Antigua and Barbuda
Sebuah negara kepulauan yang terletak di Laut karibia bagian timur, dengan luas 440 Km persegi dan jumalah penduduk sekitar 81.799 jiwa. Kepulauan ini adalah bagian dari kepulauan Antilles Kecil dan berbatasan dengan Guadeloupe di sebelah selatan, Montserrat di barat daya, Saint Kitts and Nevis di barat dan Saint Barthelemy di barat laut. Negara ini terdiri dari tiga pulau dan sepenuhnya tergantung pada sektor pariwisata seperti pada umumnya negara-negara di Karibia. Antigua dan Barbuda telah merdeka dari Inggris sejak tahun 1981.

Andorra

Sebuah negara berbentuk monarki yang terletak di Eropa bagian barat daya, berbatasan dengan Spanyol dan Perancis. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status bebas cukainya. Dengan Luas 468 Km persegi, 85.000 jiwa Andorra adalah negara  tujuan wisata pegunungan (ski) mengingat tempatnya berada di pegunungan Pyrenees. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Catalan yang telah merdeka sejak tahun 1278 dari kerajaan Aragon.

Palau
Republik Palau adalah sebuah negara kepulauan di Samudera Pasifik. 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara. Negara dengan luas 459 Km persegi, berpenduduk sebanyak 20.164 jiwa telah merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah oleh Amerika Serikat. Palau terdiri dari 250 pulau kecil.

No comments:

Post a Comment